Membuat Hotspot Login Page

03:07
A. Pengertian 

Hotspot Adalah lokasi fisik dimana orang dapat mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP) 

B. Latar Belakang 

Ingin Membuat Hotspot dengan fitur Login Page, 

C. Maksud Dan Tujuan 

Agar bisa membangun sebuah hotspot login page, dan mampu memaham.

D. Waktu Pelaksanaan 

Untuk Waktu Konfigurasinya membutuhkan sekitar 15-20 menit Saja. 

E. Alat Dan Bahan 

Mikrotik (saya menggunakan RB750) Acces Point ISP, terserah FO, Model dll boleh. 

F. Pembahasan 

  1. Siapkan Alat dan bahan di atas, kemudian mulailah bekerja atau praket, Pertama Setting Acces Point Sobat , Saya Contohkan Pakek AP indor WA5110g Masuk ke AP tersebut ke 192.168.254,kalo tidak bisa setting IP di PC dulu sesuai Gambar di bawah.
  2. kalo sudah setting IP di PC masuk ke browser login di 192.168.1.254 sesuai gambar di bawah, untuk user dan pasword default admin dan admin. 
  3. Pilih Menu Quick Setup dan klik Next 
  4. Kemudian Pilih AP dan Next 
  5. Kemudian SSID isikan nama hotspot anda. 
  6. Kemudian Kita masuk ke menu Network dan ganti IP LAN nya, saya contohkan 192.168.1.1 
  7. Sekarang Masuk ke Settingan DHCP dan Silahkan Di disable, kenapa kok di disable, karena nantinya yang menyediakan DHCP adalah Router. 
  8. Kalo sudah konfigurasi di AP nya sekarang tinggal kofigurasi dari mikrotik,Saya akan konfigurasi hanya untuk AP, untuk konfigurasi dasar ke ISP silahkan baca Artikel Sebelumnya , silahkan masuk ke menu winbox klik menu IP Pilih Addresess, Kemudian Klik simbol + dan isikan IP yang satu segmen dari IP AP, Contohnya 192.168.1.2/24, kemudian untuk Interface saya pilih ether 3 karena AP saya, saya colokan di Ether 3 tinggal menyesuaikan. 
  9. Tahap ini kita membuat DHCP server buat Hotspotnya, Cara nya klik IP Pilih DHCP Server, Kemudia Klik DHCP Setup, Untuk Interface Saya Pilih ether 3 karena AP saya di Port 3, Kemudia next-next aja sampai Succesfull 
  10. Selanjutnya Klik Menu IP dan Pilih Hotspot, Kemudian Klik Hotspot Setup, untuk Interface seperti tadi yaitu Ether 3, Kemudia next-next terus, dan saat di DNS Name isikan Domain buat login, saya contohkan bagus.cahyono , lebih jelas lihat di gambar. 

  11. Konfigurasi Selesai, silahkan Konek ke Hotspot yang kalian buat tadi, untuk login bisa kunjungi DNS yang di buat tadi, dan Tampilan Login Pun masih original Putih Dengan Logo Mikrotik, sobat bisa menggantinya di Menu files, lebih jelas di Artikel Selanjutnya,.. 
Sekian dari Membuat Hotspot Login Page , Semoga bermanfaat jika

No comments:

Powered by Blogger.